Minggu, 18 Desember 2011

REVIEW JURNAL KOPERASI 11

  • Rayi Kinasih   (25210688)
  • Lestari Setyawati  (24210005)
  • Dewi Kencanawati   (21210903)
  • Ericha Dian N.   (22210387)
  • Syiam Noor W.   (26210798)
  • Nihlah Adawiyah (24210976)
  • Dwikie Bayu Ramadhan   (22210218)


PENYUSUNAN INSTRUMEN DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI DATA DASAR KOPERASI DAN UKM TERPILIH*)
Daniel Asnur



REVIEW JURNAL

Abstrak

Peranan sektor Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) di Indonesia diakui sangat penting di dalam perekonomian nasional, utamanya dalam aspek-aspek seperti peningkatan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan dan peningkatan ekspor non-migas. Selama krisis ekonomi, koperasi dan UKM telah berperan dalam penyerapan tenaga kerja, memberikan pelayanan ekonomi yang luas. Permasalahan yang sering dihadapi oleh mayoritas kalangan koperasi maupun UKM adalah begitu dinamisnya situasi pasar dan kondisi ekonomi global. Perubahan kondisi ekonomi ini akan mengakibatkan gejolak harga yang berdampak terhadap kegiatan koperasi dan UKM.
Data dasar koperasi dan UKM adalah data yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampukembangan koperasi dan UKM. Salah satu pendekatan untuk menggali data dasar Koperasi dan UKM dapat digunakan model karakteristik bisnis
Pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan Penyusunan Instrumen dan Pembangunan Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM Terpilih ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis kajian literatur yang berkenaan dengan indikator-indikator data dasar yang digunakan dalam penyusunan instrumen dan pembangunan Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM terpilih. Sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk model perhitungan analisis simultan dan analisis indikator dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden Koperasi dan UKM.


Point-Point

1. Peranan sektor Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) dalam aspek-aspek seperti peningkatan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan dan peningkatan ekspor non-migas.
2. Pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan Penyusunan Instrumen dan Pembangunan Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM Terpilih ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.



Kesimpulan

Sebagai kesimpulan dari kegiatan Penyusunan Instrumen dan Pembangunan Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM Terpilih adalah sebagai berikut:
1. Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM ini merupakan software aplikasi sebagai sebuah kelas sistem informasi yang terkomputerisasi, terdiri dari prosedur dalam pemrosesan data yang dibangun sebagai instrumen atau alat yang dapat memberikan informasi dengan cepat terhadap setiap kebijakan pemerintah, baik kebijakan sebelum dikeluarkan maupun kebijakan setelah dikeluarkan. Aplikasi sistem ini berbasis web yang terkomputerisasi dan terintegrasi, sehingga memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk dengan cepat melakukan pengambilan data dilapangan, karena responden dengan cepat mengakses formulir-formulir kuesioner yang ada di aplikasi, mengolahnya untuk melakukan perhitungan, proyeksi, pemeriksaan, dan peringatan mengenai kondisi terkini permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi dan UKM.
2. Software aplikasi ini menggunakan software dan database open source, sehingga mudah dan murah melakukan pemeliharaan dan pengembangan di masa mendatang. Aplikasi ini juga bersifat multiflatform, artinya dapat dijalankan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows atau Linux (Open Source). Dengan demikian, diharapkan nantinya pengguna tidak harus bergantung pada hanya satu sistem operasi. Aplikasi ini bersifat user friendly, memungkinkan bagi pengguna yang awam di daerah untuk menggunakannya dengan cepat dan baik. Selain itu, proses inputan data kuesioner telah dirancang, sehingga tingkat kesalahannya diharapkan dapat diminimalisasi.


DAFTAR PUSTAKA

A., Chaniago. 1984. Perkoperasian Indonesia. Penerbit Angkasa, Bandung.
Al Rasyid, Harun. 1994. Dasar-Dasar Statistika Terapan. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung.
Baswir, Revrison. 1997. Koperasi Indonesia. Penerbit BPPE, Yogyakarta.
Djahmat, Syamsudin. 1994. Manajemen Koperasi. Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta.
Fathansyah. 2001. Basis Data. PT Informatika, Bandung.
G., Davis & Olson, M. 1984. Management Information Systems: Conceptual Foundation, Structure and Development. Mc Graw-Hill.
Hadiwidjaya, R.A. Wirasasmita. 1987. Modal Koperasi. Pionir Jaya Bandung, Bandung.144
Hariyono. 2003. Koperasi Sebagai Strategi Pengembangan Ekonomi Pancasila, Jurnal Ekonomi Rakyat Artikel - Th. II - No. 4 - Juli 2003. http:://www.ekonomirakyat.org., diakses Januari 2008.
Hatta, M. 1997. Penjabaran Pasal 33 UUD 1945. Jakarta.
Indriantoro, Nur, Supomo, B. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE, Yogyakarta.
Kenangasari, Ani dkk. 1996. Sekilas Tentang Modal Dan Kemandirian Koperasi. Penerbit Pionir Jaya, Bandung.
Kementerian Negara Koperasi dan UKM. 1967. UU Nomor 12 Tahun 1967 Tentang Pokok-pokok Perkoperasian. Kemeneg. KUKM, Jakarta.
Kementerian Negara Koperasi dan UKM. 1992. UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Kemeneg. KUKM, Jakarta.
Kementerian Negara Koperasi dan UKM. 2008. UU Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kemeneg. KUKM, Jakarta.
Krisnamurthi, Bayu. 2003. Membangun Koperasi Berbasis Anggota Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Rakyat, Jurnal Ekonomi Rakyat Artikel - Th. I - No. 4 - Juni 2002. http://www.ekonomirakyat.org., diakses Januari 2008.
Mulyono, S. 1998. Statistika Untuk Ekonomi. Jakarta, PAU-FE Universitas Indonesia, Jakarta.
Munkner, H. 1987. Hukum Koperasi. Penerbit Alumni, Bandung.
S, Budi. 2002. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Andi Offset, Yogyakarta.
Singarimbun, M., Effendi, S. 1981. Metode Penelitian Survei. LP3ES, Jakarta.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis,. Bandung, Alfabeta, Bandung.
Soetrisno, N. 2003. Koperasi Indonesia: Potret Dan Tantangan, Artikel - Th. II - No. 5 - Agustus 2003. http://www.ekonomirakyat.org., diakses Januari 2008.
Tiktik, et. al. 2004. Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Galia Indonesia, Jakarta.
Witarto. 2004. Memahami Sistem Informasi. Penerbit Informatika, Bandung.
_______. 1987. Pengantar Hukum Koperasi. Universitas Padjadjaran, Bandung.
Analisis Daya Dukung UMKM dan Koperasi Berbasis Agrobisnis Pasca Konflik Aceh dan
Dalam Menghadapi ACFTA (Survai Pada UMKM dan Koperasi Kabupaten Aceh Tengah,
Provinsi Aceh) (Ishak Hasan)
145

Tidak ada komentar:

Posting Komentar